Posting Terakhir di Blog ini

Hallo pembaca, saya rasa ini bakalan jadi posting terakhir saya untuk blog ini karena blog ini sudah saatnya masuk masa vakum nya :d . Saya akan melanjutkan menulis artikel di blog dengan domain com . https://www.marwanto606.com Ternyata sudah sangat lama saya mulai menulis dan belajar nge blog dari awalnya membuat blog di tahun 2014, dan ternyata sudah sangat banyak sekali ilmu yang saya peroleh dari kegiatan blogging ini, dari mulai belajar html,css,js,php,seo,backlink dan masih banyak lagi. Saya masih ingin melanjutkan menulis dan belajar membuat artikel yang baik serta seo friendly, oleh karena itu saya putuskan untuk membuat blog menggunakan domain agar terlihat pro nya :d Berikut bebrapa artikel yang saya tulis yang memperolah banyak viewer di blog ini yaitu : Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Lewat CMD Tanpa Software Cara Reset Printer Canon MP287 Mengenal Stereogram Dan Bagaimana Cara Melihatnya Semua link out untuk blog ini sudah saya hilangkan.

Cara Setting First Boot Pada Leptop dan PC

Cara Setting First Boot Pada Leptop dan PC
Cara Setting First Boot Pada Leptop dan PC - Untuk memulai proses installasi pada leptop maupun PC maka kita harus mengatur terlebih dahulu firs boot pada komputer menuju ke media bootable yang kita gunakan sebagai master OS kita dengan mengatur pada biosnya. Kalian tau bios? BIOS (Basic Input Output System) adalah utility dasar yang berfungsi untuk mengatur sebuah hadware untuk singkronasi dengan sebuah operasi system sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, untuk instal sebuah OS Windows, diperlukan mengatur bios komputer atau laptop dengan memilih first boot (pertama kali sebuah komputer/ laptop membaca hadware sebelum masuk ke operasi system) dari CD/DVD ROM atau dari USB flashdisk.
Pengaturan bios untuk booting, baik dari CD/DVD ROM atau dari USB flashdisk, pada setiap komputer atau laptop berbeda-beda. Yang terpenting adalah, sebelum komputer atau lapotop masuk ke operasi system kamu harus memperhatikan perintah dari setup BIOS tersebut. Adakalanya tekan F10, F2, DEL dan lain sebagainya,
Setalah berhasil masuk ke tampilan bios, untuk mengatur first boot device adalah mencari letak ‘Boot Order’ atau ‘Boot Priority’ atau apapun bahasanya, yang terpenting ada bahasa Boot. Ini semua karena setiap bios komputer berbeda-beda dalam gaya penyampaian bahasanya. Setelah itu, pilih CD/DVD ROM atau USB Flashdisk sebagai firs boot atau diletakkan diuratan paling atas dari daftar drive atau device yang tersedia.

Cara Pertama
Berikut adalah cara mengatur first boot pada komputer :
  • Masukkan DVD atau flashdisk bootable windows kalian,
  • Restart Komputermu pada saat awal Menyala Tekan Tombol F2 untuk masuk ke menu Setup di menu Bios, atau terkadang harus menekan Tombol Del, dengan tulisan "Del To Setup", dll sesuai menu di komputermu.
Cara Setting First Boot Pada Leptop dan PC
  • Dalam menu Bios akan ada tampilan seperti di bawah ini mungkin akan berbeda di setiap komputer, tapi tinggal sesuaikan saja.
Cara Setting First Boot Pada Leptop dan PC
  • Di menu Boot, pilih CD/DVD menjadi bagian pertama jika ingin menggunakan CD/DVD sebagai media menginstallnya.
Cara Setting First Boot Pada Leptop dan PC
  • Pada menu Exit pilih exit seving change untuk menyimpan setingan kemudian enter bisa juga tekan F10 lalu enter tinggal baca keterangan yang ada dibawahnya.
Cara Setting First Boot Pada Leptop dan PC
  • Maka komputer kalian akan booting pada media yang telah ditentukan dan tinggal memeulai proses installasinya.
  • Ada juga yang tampilan setingan firsbootnya seperti gambar dibawah ini
Cara Setting First Boot Pada Leptop dan PC
  • Untuk merubah pilihan pada first boot device maupun second boot device silahkan gunakan tombol page up dan page down (sesuaikan dengan model setingan BIOS sobat) kemudian simpan dengan menekan tombol F10 pada keyboard kalian untuk menyimpan setingannya.
Cara kedua
  • Jika pada lepop biasanya ada tulisan F12 Firstboot maka kita atur menjadi enable dengan begitu kita dapat mengatur Firsboot dengan menekan F12 dan tinggal memilih media boot mana yang akan kita jadikan firstbootnya.
  • Tancapkan USB Flashdisk yang telah berisi file Sistem yang telah dibuat sebelumnya. Jika menggunakan CD/DVD bisa dimasukkan nanti.
  • Nyalakan komputer atau notebook
  • Segera setelah komputer dinyalakan tekan tanpa jeda tombol F12 
  • Akan muncul jendela biru kecil yang menawarkan kita mau boot dari mana: “Please select your boot device
  • Gunakan tombol panah naik turun untuk memilih. Dari hardisk, Flashdisk (merek flashdisk akan tercantum) atau CD/DVD.
  • Jika memilih boot dari CD/DVD, masukkan dulu CD/DVD sistem, barulah tekan Enter.
  • Tunggu sampai proses boot selesai dan tinggal memeulai proses installasinya.
Catatan : Setiap Bios memiliki tampilan yang berbeda tergantung Vendor penyedianya. Jadi kurang lebih cara setiing first bootnya adalah seperti yang di jelaskan namun ada pula yang berbeda, namun menu yang di gunakan untuk setting Boot priority kurang lebih sama seperti yang di jelaskan.
Baca Juga:  Tutorial Install Windows 7 Lengkap Dengan Gambar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Posting Terakhir di Blog ini

Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Lewat CMD Tanpa Software